GEULIS Gerakan Untuk Lingkungan Sehat

Diposting oleh FEBBY LINTANG | 13.54 | , | 0 komentar »

Geulis adalah sebuah Program yang dicanangkan oleh Febby dan beberapa kelompok pecinta alam di Cianjur dan Kota Bogor....
Geulis adalah sebuah gerakan untuk lingkungan sehat dalam gerakan ini dicanangkan 5 Agenda besar untuk meningkatkan kebersihan dan kesehatan masayarakat dan lingkungan.
1. Pengolahan Sampah
Setiap hari ratusan juta manusia menghasilkan sampah, sampah yang dihasilkan akan semakin banyak karena kebutuhan kita terus bertambah. Akibat dari menumpuknya sampah menimbulkan banyak kesulitan dalam pengelolaannya akibatnya sampah menjadi menumpuk dan tidak tertangani dengan terbuang di banyak tempat, seperti di lahan2 kosong, sungai dan tempat-tempat yang berdekatan dengan lingkungan perumahan penduduk. Akibat yang terparah akan mengakibatkan pencemaran lingkungan dimana-mana yang menimbulkan bencana seperti banjir yang banyak melanda beberapa daerah di Indonesia saat ini. Selain itu juga menimbulkan berbagai macam penyakit. Selain itu penumpukan samapah juga meningkatkan populasi lalat, tikus dan kecoa.
Agar dapat terhindar dari penyakit dan tidak menggangu lingkungan sampah harus dikelola dengan baik dengan 3R
a. Reduction (Pengurangan) : Gunakan bahan2 yang mudah didaur ulang
b.Reuse ( Pemanfaatan kembali) : contoh kaleng susu dapat digunakan kembali untuk tempat menyimpan alat2 tulis.
c. Recycle (Pendaurulangan) : Daur ulang sampah menjadi bentuk lain yang bermanfaat
Pengelolan sampah yang baik :
1. Pisahkan sampah dalam dua wadah untuk sampah organik (sisa2 makanan, buah,sayuran, daun) dan sampah anorganik (Plastik, kaleng, botol minuman, kardus, kertas, kaca)
2. Setelah dipisahkan sampah2 organik dapat didaur ulang menjadi pupuk kompos
sedangkan sampah anorganik dapat dimanfaatkan untuk membuat alat2 kebutuhan rumah tangga lainnya seperti gayung, gantungan pakaian, dan lainnya.
2. Membentuk Relawan Pendampingan Kesehatan
Tidak setiap orang mengetahui fungsi hidup sehat dan tidak semua orang juga dapat menikmati fasilitas kesehatan yang disediakan oleh negara karena masih harus berhadapan dengan birokrasi yang harus ditembus. Apalagi bila tingkat pendidikan yang dimiliki oleh warga miskin masih rendah yang mengakibatkan ketidaktahuan mereka tentang adanya fasilitas negara untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara cuma-cuma. Kondisi seperti ini masih sering dimanfaatkan oleh oknum2 yang ingin mengail di air keruh. Melihat iu semua maka rasanya perlu dibentuk relawan-relawan di setiap desa untuk mendampingi masyarakat miskin untuk mendapatkan hak mereka sebagai warga negara dalam memperoleh pelayanan kesehatan.
Relawan-relawan ini akan mendampingi masyarakat miskin dari mulai mengurus Jamkesmas, ambulan jika dibutuhkan dan mendampingi di rumah sakit agar mendapat pelayanan yang memadai.
3. Mengoptimalkan fungsi POSYANDU
Posyandu yang sudah ada di setiap desa harus bekerja dengan optimal dalam memberikan pelayanan kesehatan untuk bayi dan balita agar anak-anak Indonesia dapat tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas sebagai penerus generasi.
4. Pemberdayaan Tanaman Obat
kembali memberdayakan Tanaman-tanamam obat-obatan tradisional yang dapat membantu mengatasi kesulitan memperoleh obat-obatan dan pelayanan dokter terutama untuk didaerah-daerah terpencil yang jauh dari Rumah sakit atau Puskesmas. Tanaman obat2an tradisional adalah peninggalan nenek moyang kita dan harus terus dilestarikan. Dengan pengelolan yang benar dan baik maka dapat menjadi pertolongan pertama di saat darurat. Selain itu dapat membantu warga yang kurang mampu untuk memperoleh obat alternatif tanpa harus khawatir harus mengeluarkan biaya besar untuk harga obat yang mahal.
5. Membangun Kesadaran Kesehatan Reproduksi Perempuan.
Perempuan harus sadar akan haknya untuk memperoleh pelayanan kesehatan reproduksi. Setiap perempuan harus sadar betul kapan dia siap untuk memiliki anak dan harus sadar betul menjaga kesehatan reproduksinya, menjaga jarak kehamilan, melakukan papsmear dan mamograph secara teratur. Perempuan juga harus sadar akan haknya untuk menentukan kapan dia ingin melakukan hubungan intim.
Geulis diambil dari bahasa sunda yang berarti cantik, untuk menjadi cantik setiap perempuan rela untuk melakukan apa saja, dan untuk menjadikan Indonesia lebih cantik kita semua harus mau bekerja bersama-sama dan rela untuk mulai belajar mencintai lingkungan kita agar dapat terwujud hidup yang lebih sehat.
Jakarta, feb 2009

0 komentar

Posting Komentar

Image and video hosting by TinyPic